Minggu, 06 Juli 2014

Analisis Relevansi Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Makalah
Kajian Kurikulum Pkn
Analisis Relevansi Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Kelas 4 Tema 1. Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagamaan Budaya Bangsaku
Disusun guna Memenuhi Tugas Mata KuliahKajian Kurikulum Pkn
Dosen Pengampu : Risminawati, M.Pd


Disusun Oleh:
Wiwik Ekowati
A510120215
VI E


PROGDI S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2014
PEMBELAJARAN 1
PPKn
Kompetensi Dasar:
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3     Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4     Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar

Indikator:
3.4.1    Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
4.4.1    Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
4.4.2    Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia

Analisis Relevansi
Dari kompetensi dasar dan indikator yang ada hubungan keterkaitan diantaranya telah ada dan sinkron (sesuai). Namun guru pengampu dapat menambahkan beberapa indikator lainnya seperti :
4.3.1        Menyebutkan sikap untuk menghormati keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
Dan perlu adanya tambahan KD dan indikatar yang terkait materi tinggi rendahnya notasi nada meskipun penerapannya dengan pembelajaran tematik tetapi jika dimunculkan ini akan mencegah guru lupa terhadap apa yang akan disampaikan didalam kelas.





Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskankeberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2.         Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasidalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3.         Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswamampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagamandalam bentuk tulisan dengan benar.
4.         Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagaibentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
5.         Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasiyang sesuai.

Analisis Relevansi
Antara indikator dengan tujuan pembelajaran telah sesuai atau sinkron. Kedua komponen tersebut telah terkait dan saling berhubungan. Tujuan pembelajaran telah disesuaikan dengan indikator yang ada. Kemudian untuk penggunaan kosa kata dan penggunaan bahasanya telah tepat dan sesuai.

Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran mengenai :
1.         Keragaman Budaya Bangsa
2.         contoh perilaku sebagaibentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
3.         Tinggi rendah notasi pada lagu “Aku Anak Indonesia”

Analisis Relevansi
Mengenai materi pembelajaran pada kelas V tema 1 subtema 1 ini telah belum cukup memadai tapi guru dapat berkreasi dan inovasi memberikan materi-materi tambahan yang masih terkait dengan tema 1 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku. Karena jika hanya berdasarkan materi yang ada pada Buku Siswa saja peserta didik hanya akan punya pengetahuan yang standar saja. Terlebih lagi jika dilihat di buku siswa halaman 2 yang hanya ditampilkan gambar-gambar dan belum mencakup materi. Ketika seorang guru belum menguasai materi di tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 ini dan siswa belum mempunyai pengetahuan awal tentang itu maka akan menimbulkan kebinggungan pada peserta didik.
Sehingga dalam pembelajaran guru harus menguasai materi dan mencegah kebinggungan peserta didik sumber belajarnya harus lah terdapat materi yang terkait dengan tema dan subtema tersebut.
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran:
1.     Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaianadat, rumah adat, tarian adat, dan alat musiktradisional.
2.     Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
3.     Guru berkeliling untuk mengetahui apakah siswa memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
4.     Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok(satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 3)
5.     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
6.     Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.
7.     Siswa mengambil informasi penting dari teks yangdibacanya danmenuliskannya dalam bentuk petapikiran. (Penilaian no. 1, lihat di bagian penilaian)
8.     Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengantemannya. Guru dan siswamendiskusikan hasil jawabantersebut di depan kelas.
9.     Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawabpertanyaan yang ada pada buku siswa.
10. Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal dapat mengajukanpertanyaan.
11. Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya dikelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku,agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khasdaerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan,pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, danlain-lain).
12. Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara.
13. Guru membantu siswa dengan mengajukanpertanyaan yang ada pada buku siswa.
14. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada bukusiswa.
15. Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitandengan keberagaman. (Penilaian no.2)
16. ajak siswa untukmeningkatkan kebanggaan mereka menjadi anakIndonesia melalui kegiatan bernyanyi.
17. Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebutsesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.Siswa bernyanyi bersama. (Penilaian no. 4)
18. Guru memberikan perhatian kepada mereka yangbelum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yangbenar.
19. Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku AnakIndonesia” dalam kelompoknya.
20. Setiap kelompok berpresentasi di depan kelas.
21. Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memilikikebanggaan menjadi anak Indonesia.
22. Semua siswa menceritakan alasan mengapa harusbangga menjadi anak Indonesia.
23. Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkanrasa bangga menjadi anak Indonesia.
24. Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.
25. Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa.
26. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman150.

Analisis Relevansi
Kegiatan inti pada langkah pembelajaran di buku guru telah sesuai dengan apa yang akan diajarkan. Langkah-langkah pembelajarannya juga telah disusun secara urut dan runtut.Di beberapa poin langkah-langkah pembelajaran juga disertai dengan petunjuk atau keterangan untuk mempermudah guru melaksanakan KBM. Seperti pada poin “Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 3)” didalamnya ada keterangan mengenai ketentuan anggota kelompok dan penilaiannya.
Pertanyaan yang ada pada beberapa poin juga telah dibuat dengan penggunaan kosa kata yang tepat seperti pertanyaan yang ada pada poin 10 juga telah dibuat dengan bahasa yang tepat serta sesuai dengan tema dan subtemanya. Selanjutnya, Penggunaan tanda baca pada tiap poin langkah-langkah pembelajaran juga telah sesuai dengan aplikasi penggunaanya seperti pada penggunaan tanda titik (.) berada pada akhir kalimat dan tanda koma (,) untuk memberikan jeda pada kalimat.
Keterkaitannya dengan mata pelajaran PPKn pada langkah pembelajarannya telah tercantum pada poin 15 yakni “Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman “ tetapi menurut saya langkah ini masih belum begitu menjurus ke PPKn. Poin ini telah sesuai indikatornya tapi materinya yang didalamnya masih bisa dikatakan umum.
PEMBELAJARAN 3
PPKn
Kompetensi Dasar:
3.1  Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalammemahami Pancasila secara utuh.
3.4     Memahami arti bersatu dalamkeberagaman di rumah, sekolah danmasyarakat.
4.1  Mengamati dan menceritakan perilakudi sekitar rumah dan sekolah dari sudutpandang kelima simbol Pancasilasebagai satu kesatuan yang utuh.

Indikator:
3.1.1    Menuliskan makna dari tiap silaPancasila dalam bentuk peta pikiran
3.1.2    Menjelaskan perilaku yang sesuaidengan sila-sila Pancasila dalambentuk tulisan
4.1.1    Mendesain poster tentang persatuan

            Analisis Relevansi
            Dari kedua komponen kompetensi dasar dan indikatornya telah sesuai.Tetapi pada KD dan indikatornya belum terdapat poin mengenai permainan tradisional meski dalam pembelajarannya tematik ini akan terintegrasi dengan KD dan indikator lainnya.

            Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan permainantradisional dengan teknik bermain yang benar.
2.         Setelah mempraktikkan permainan tradisional, siswa mampu menjelaskan nilai-nilaiyang dipelajari, yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.         Setelah membaca teks dan berdiskusi siswa mampu menuliskan makna dari tiap silaPancasila dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
4.         Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-silaPancasila dalam bentuk tulisan dengan benar.
5.         Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang keberagaman dengan benar.

Analisis Relevansi
Dari tujuan pembelajaran yang ada terdapat bebarapa kesalahan pada EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Seperti pada poin 2 yang berisi “Setelah mempraktikkan permainan tradisional, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari, yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar” seharusnya penggunaan tanda baca yang baik dan benar hanya menggunakan satu tanda koma (,) dalam satu kalimat serta penempatan tanda koma (,) yang belum benar. Tidak hanya itu pengguna kata hubung (yang) terlalu banyak sebaiknya pemakaian kata hubung (yang) satu saja. Sehingga Poin 2 yang benar adalah “Setelah mempraktikkan permainan tradisional, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar “.
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran mengenai:
1.         Permainan Tradisional
2.         Makna sila-sila Pancasila
3.         Desain poster keberagaman

Analisis Relevansi
Materi untuk pembelajaran 3 ini lebih dekat dengan lingkungan sekitar peserta didik karena bersangkutan dengan permainan anak-anak dimasa kecil. Materi yang ada ini sudah cukup mewakili bagaimana gambaran mengenai beberapa materi didalamnya seperti permainan anak, sila-sila pancasila dan keragaman budaya. Karena dari awal sebagian peserta didik telah mempunyai gambaran awal mengenai permainan dan dalam pembelajaran guru tinggal menguatkan dan memberikan materi yang belum begitu dikenal peserta didik. Untuk itulah lebih baiknya buku ini pada materi yang sulit seperti sila-sila pancasila perlu adanya materi yang lebih detail karena berkaitan dengan landasan negara.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.                  Guru mengenalkan berbagai jenis permainantradisional yang ada pada buku siswa (nama, asalpermainan, dan cara bermain). (Penilaian no. 1)
2.                  Sebelum mengajak siswa bermain, guru membacadengan saksama teks berikut.
3.                  Setelah kegiatan bermain, siswa bersamaguru berdiskusi tentang kegiatan permainanyang telah dilakukan.
4.                  Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa.
5.                  Siswa menganalisis makna sila-sila dari Pancasiladengan menganalisis gambar dan membaca teks.
6.                  Siswa diajak untuk menghubungkan hal-hal baikyang didapatkan dari permainan dengan nilai-nilaiPancasila.
7.                  Siswa menulis cerita tentang pengalamannya bermain salah satu permainan tradisional.
8.                  Siswa diingatkan untuk memasukkan hal-hal berikut dalam tulisannya.
9.                  Siswa dalam kelompok kecil diminta untukmengamati contoh poster yang ada pada buku siswa.
10.              Siswa diarahkan untuk mengamati poster sesuaidengan harapan dengan menjawab pertanyaanyang ada pada buku siswa.
11.              Siswa mengemukakan hasil diskusi kelompok.
12.              Siswa dalam kelompok lain memberikan tanggapan.
13.              Siswa diberi penjelaskan kriteria poster yang baik.(Penilaian no. 3)
14.              Siswa membuat poster dengan tema “Walaupun Berbeda-beda,Kita adalah Satu”.
15.              Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa.
16.              Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman150.

Analisis Relevansi
Tujuan pembelajaran ini telah sesuai dengan KD dan Indikatornya. Tetapi dalam komponen tujuan pembelajaran ini juga terdapat beberapa kesalahan yakni pada poin 2 yang berisi “Sebelum mengajak siswa bermain, guru membaca dengan saksama teks berikut” seharusnya “Sebelum mengajak siswa bermain, guru membaca dengan seksama teks berikut” karena penulisan saksama menurut EYD yakni seksama bukan saksama.
Kemudian untuk susunan langkah-langkah pembelajarannya telah urut dan runtut. Selain itu materi pembelajaran PPKN yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain juga telah ada pada langkah-langkah pembelajaran seperti yang terlihat pada poin  5 yaitu “Siswa menganalisis makna sila-sila dari Pancasila dengan menganalisis gambar dan membaca teks”
PEMBELAJARAN 4
PPKn
Kompetensi Dasar:
3.1  Memahami makna dan keterkaitansimbol-simbol sila Pancasila dalammemahami Pancasila secara utuh
4.1  Mengamati dan menceritakan perilakudi sekitar rumah dan sekolah dari sudutpandang kelima simbol Pancasilasebagai satu kesatuan yang utuh

Indikator:
3.1.1             Menceritakan pengalaman mengamalkannilai-nilai Pancasila dalamkehidupan sehari-hari

Analisis Relevansi
Antara kompetensi dasar dan indikator telah ada kesesuaian atau telah terkait satu dengan lain. Indikatornya diturunkan dari kompetensi dasar yang ada. Perlu adanya penambahan KD dan indikator dalam pembelajaran ini karena KD dan indikator yang berkaitan dengan bunyi belum tertera meskipun dalam pembelajarannya menggunakan sistem pembelajaran tematik terpadu tetapi jika KD dan Indikator tersebut dimunculkan ini akan mencegah terjadinya kelupaan dalam penyampaian materi terkait bunyi.

Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapatmenjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
2.         Setelah bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat membandingkan bunyiyang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
3.         Setelah berdiskusi siswa dapat menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai
4.         Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.



Analisis Relevansi
Dalam komponen tujuan pembelajaran tersebut bebrapa diantaranya telah benar dan tepat tetapi pada poin 5 yakni “Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar” perlu adanya sedikit pembenaran. Poin ini dapat diubah menjadi “setelah berdiskusi dan bereksplorasi, siswa mampu mengamalkan pancasila dal kehidupan sehari-hari dengan benar”.
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran mengenai:
1.                  Alat Musik Tradisional
2.                  Bunyi
3.                  Pengalaman pengamalan pancasila

Analisis Relevansi
Materi yang ada pada buku siswa telah cukup memadai. Materi yang ada ini pula juga telah sesuai dengan KD dan Indikator yang telah dibuat. Materi juga telah mencakup beberapa mata pelajaran. Secara keseluruhan materi yang ada sudah sistematis. Pembelajaran tematik terintegrasinya pun juga sudah terlihat.

Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Siswa membaca dan memahami informasi teks tentang Alat Musik Tradisional.
2.      Berdasarkan pengetahuan yang didapat dari teks bacaan, siswa diminta menyebutkanalat musik yang diketahuinya serta cara memainkan alat tersebut.
3.      Siswa bereksplorasi dengan berbagai sumber bunyi dari benda-benda di sekitar. Hasileksplorasi dituliskan pada tabel pada buku siswa.
4.      Guru menyiapkan benda-benda yang dibunyikan dengan cara:Ditiup, Digesek, Dipetik, dan Ditekan.
5.      Siswa mengamati tabel dan mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
6.      Guru mengelompokkan siswa berdasarkan cara membunyikan benda.
7.      Guru menyiapkan benda-benda dari peralatan dapur atau lainnya.
8.      Guru membimbing siswa bermain musik dengan alat-alat yang ada. Guru mengajaksiswa menyanyikan lagu yang dikenal dengan iringan musik buatan.
9.      Siswa dikenalkan dengan konsep harmoni dalambermusik.
10.  Siswa mendikusikan makna harmoni dalam kehidupansehari-hari.
11.  Siswa mendiskusikan manfaat mengaplikasikan sikap harmoni dalam kehidupan berbangsadan bertanah air (persatuan dalam keberagaman). (Penilaian no. 3)
12.  Siswa menceritakan sikap harmoni dengan makna yang terkandung dalam sila Pancasila.(Penilaian no. 2)
13.  Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa.
14.  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman150.

Analisis Relevansi
Pada langkah pembelajaran ini telah sesuai dan sistematis. Langkah pembelajaran ini juga telah mencakup beberapa mata pelajaran yang akan disampikan. Sepert mata pelajaran PPKn yakni terlihat pada poin “Siswa mendiskusikan manfaat mengaplikasikan sikap harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air (persatuan dalam keberagaman)” dan juga pada poin“Siswa menceritakan sikap harmoni dengan makna yang terkandung dalam sila Pancasila”. Poin tersebut dapat terintegrasi/berpadu dengan baik dengan beberapa mata pelajaran yang tercakup di dalam pembelajaran 4 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar