MAKALAH
Pendidikan IPS
“IPTEK dan
Pengaruhnya”
Disusun guna
menempuh tugas mata kuliah Pendidikan IPS
Dosen
Pengampu : Ratnasari Diah Utami ,M.Si
Disusun Oleh:
KELOMPOK 10
Muhammad Sucahyo (A510120235)
Wiwik Ekowati (A510120215)
Anggi
Resindrayanti (A510120233)
PROGRAM
S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2013
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan
yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan
keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak
yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan
dimensi. Demikian halnya dengan teknologi komunikasi yang merupakan peralatan
perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang
memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi
(menurut Rogers,1986). Keadaan yang demikian, dimana sebuah teknologi mampu
merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan.
Misalnya, kalau dahulu orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang
berada di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang
dapat berbicara tanpa batas dan jarak waktu. Dari sinilah, semula dengan
ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang berbasis
analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronik
lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini berintegrasi satu dengan lainnya.
Teknologi komunikasi yang telah ada merupakan sebuah jawaban dari adanya
perkembangan zaman. Hal ini terjadi karena semakin berkembang maju sebuah
peradaban manusia maka teknologi pun akan terus mengalami perkembangan untuk
menyelaraskan pola peradapan manusia itu sendiri.
Berdasarkan uraian
diatas maka makalah ini akan membahas tentang pengertian Iptek, perkembangan
iptek serta apa dampaknya bagi kehidupan khususnya untuk pendidikan.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat disimpulkan
rumusan masalah tersebut adalah:
1. Apa Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ?
3. Apa
saja Peranan Iptek Bagi Pendidikan ?
4. Apa
saja Solusi untuk Menanggulangi Dampak Negative dari IPTEK ?
C.
Tujuan
Dari rumusan masalah dapat disimpilkan tujuan yang
hendak dicapai adalah :
1. Mengetahui Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
3. Mengetahui
Peranan Iptek Bagi Pendidikan.
4. Mengetahui
Solusi untuk Menanggulangi dampak Negative dari IPTEK.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
Ilmu adalah suatu pemahaman tentang suatu pengetahuan,
yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelidiki, dan menyelesaikan suatu
hipotesis. Ilmu juga merupakan suatu pengetahuan yang teleh teruji
kebenarannya. misalnya, pengetauan tentang sikap dan prilaku manusia sebagai
mahluk sosial, kemudian pengetahuan itu di selidiki oleh para ahli menggunakan
metode-metode tertentu, dan ternyata pengetahuan tersebut memang benar bahwa
manusai itu mahluk sosial, maka dari itu pengetahuan tersebut dikatakan sebagai
ilmu yaitu ilmu sosial.
Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau
disadari seseorang yang didapat dari pengalamannya. pengetahuan tidak bisa
dikatakan sebagai sebuah ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan
muncur dikarenakan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah
dilihatnya.
Teknologi
merupakan suatu penemuan melalui proses metode ilmiah untuk mencapai tujuan
yang maksimal. teknologi juga dapat diartikan sebagai sarana manusia untuk
menyediakan kebutuhan.
Dengan demikian, ilmu pengetahuan dan teknologi
(iptek) adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.
Ilmu pengetahuan muncul sebagai akibat dari
aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia,baik kebutuhan jasmani maupun
kebutuhan rohani. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat bisa di
pisahkan dari lembaga pendidikan. Dimana pada abad 20 peran ilmu pengetahuan
dan teknologi sangat berarti bagi lembaga pendidikan. Sehingga pada abad 20
mampu mendorong lebih cepat dalam industri. Informasi,komunikasi,transportasi
dan pertanian.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di
Indonesia tertinggal jauh dan sangat memprihatinkan dibanding Negara-negara
Eropa dan Amerika Serikat bahkan pula di Negara-negara Asia misalnya Jepang dan
China. Hal ini disebabkan karena :
1.
Masih terbatasnya orang indonesia yang mendapat
pendidikan barat terutama pendidikan tinggi.
2.
Kurangnya keinginan dari pemerintah maupun perusahaan
swasta yang ada di Indonesia untuk melakukan ahli teknologi.
3.
Tidak adanya inovasi teknologi yang berarti di dalam
masyarakat indonesia itu sendiri,ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia
mulai berkembang dimana ditandai dangan adanya perguruan tinggi dan pusat-pusat
penelitian seperti lembaga ilmu pengetahuan (LIPI) dan juga badan pengkajian
dan penerapan teknologi (BPPT).
Kemajuan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan
manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan dan
ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia
akibat perkembangan teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya
penyalahgunaannya oleh orang-orang yang tidak bertanggung ajwab.
Berbicara tentang dampak dan perkembangan IPTEK,
maka kita akan dihadapkan pada berbagai bidang, bahkan hampir semua aspek dalam
kehidupan di dunia ini yang dapat dipengaruhi oleh adanya perkembangan IPTEK,
seperti yang kita lihat sekarang ini, semua orang dalam kehidupannya
sehari-hari hampir tidak bisa lepas dari teknologi, setiap orang selalu
berdampingan dengan HP (HandPhone), saat jam istirahat di rumah selalu ditemani
dengan tayangan televisi, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu hanya
sebagian kecil dari pengaruh perkembangan yang ditimbulkan oleh IPTEK.
Dengan adanya perkembangan IPTEK menusia
mendapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya
sehari-hari. Setiap orang memanfaatkan alat komunikasi langsung jarak jauh
seperti penggunaan HP untuk berhubungan dengan orang lain yang berjauhan.
Selain itu berbagai kegiatan yang pada awalnya dilakukan dengan menggunakan
banyak tenaga manusia untuk mengerjakannya, kini dengan adanya perkembangan
IPTEK semua itu dapat teratasi dengan penggunaan tenaga mesin untuk melakukan
pekerjaan tersebut dengan waktu yang relative lebih cepat dari pada menggunakan
tenaga manusia secara manual.
C. Peranan Iptek Bagi Pendidikan
1.
Dampak
Positif
Beberapa dampak positif
dan negatif dari perkembangan Teknologi terkait dengan dunia Pendidikan yaitu:
a. Pembelajaran
Jarak Jauh. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus
mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet
dan lain-lain.
b. Munculnya
media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
pendidikan menjadikan guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
c. Munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru
yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi
tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.,
d. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi
yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui Internet. Internet dapat
digunakan sebagai alat yang efektif untuk memperoleh pengetahuan. Semua
pengguna web dapat mencari pengetahuan yang diinginkan di internet. Ada
beberapa situs informatif dan direktori web yang menawarkan informasi pada
berbagai mata pelajaran. Siswa dapat menggunakan internet untuk
mendapatkan semua informasi tambahan yang mereka butuhkan untuk meningkatkan
basis pengetahuan mereka.
e. Teknologi menawarkan media audio-visual yang
interaktif pada proses pembelajaran. Presentasi PowerPoint dan perangkat
lunak animasi dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada siswa secara
interaktif. Efek visual yang diberikan membuat siswa lebih tertarik untuk
belajar. Selain itu, software ini berfungsi sebagai alat bantu visual
untuk para guru dan memfasilitasi siswa untuk melihat informasi secara lebih
jelas. Media Interaktif telah terbukti bermanfaat dalam meningkatkan tingkat
konsentrasi siswa.
f. Munculnya
Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
Pendidikan, seperti jaringan internet.
Dampak dari hal ini yaitu guru bukanlah
satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu
terlalu terpaku terhadap informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa
mengakses materi pelajaran langsung dari internet, oleh karena itu guru disini
bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk
mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam
menggunakan Media Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.
g. Sistem
pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
Selama ini, proses pembelajaran yang
kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan hanya dengan tatap muka
langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak
harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa
pos Internet dan lain-lain.
h. Adanya
sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi.
Dulu, ketika orang melakukan sebuah
penelitian, maka untuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh
harus dianalisis dan dihitung secara manual. Namun setelah adanya perkembangan
IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan
waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan, yaitu
dengan menggunakan media teknologi, seperti Komputer, yang dapat mengolah data
dengan memanfaatkan berbagai program.
i. Pemenuhan
Kebutuhan akan Fasilitas Pendidikan dapat Dipenuhi dengan Cepat
Dalam bidang pendidikan tentu banyak hal
dan bahan yang harus dipersiapkan, salah satu contoh, yaitu ;
1) penggandaan
soal ujian, dengan adanya mesin foto copy untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah
soal yang banyak tentu membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya
kalau dilakukan secara manual. Tapi dengan perkembangan teknologi semuanya itu
dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat.
2.
Dampak Negatif
Disamping dampak
positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak
negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan,
antara lain ;
a. Penyalahgunaan
teknologi yang lainnya adalah pengetahuan untuk melakukan tindak kriminal dan
tidak dibenarkan. Seperti yang diketahui bahwa kemajuan di bidang pendidikan
juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang
rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha
menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
b. Menurunnya motivasi dan prestasi belajar
serta berkurangnya jumlah jam belajar
para remaja rela membolos
saat jam sekolah demi bermain game di warnet-warnet kesayangannya.
c. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat,
khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Pornografi yang bisa di akses
dan mudah di buka di internet menjadi candu bagi para remaja maupun masyarakat.
d. Siswa
menjadi malas belajar
Dengan
adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti
laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas
belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk
internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seperti ; Facebook,
Chating, Twitter dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh
terhadap minat belajar siswa.
e. Kerahasiaan
alat tes untuk pendidikan semakin terancam
Selama ini sering kita melihat dan mendengar di
siaran TV, tentang adanya kebocoran soal ujian, ini merupakan salah satu akibat
dari penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya perkembangan teknologi yang
semakin canggih, maka dengan mudah dapat mengakses informasi dari satu daerah
ke daerah lain, inilah yang dilakukan oleh oknum untuk melakukan penyelewengan
terkait dengan kebocoran soal ujian, sehingga kejadian ini sering
meresahkan pemerintah dan masyarakat.
f. Adanya
penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi.
Dengan adanya pengolahan data
dengan system Teknologi, sering akli kita temukan adanya terjadi kecurangan
dalam melakukan analisis data hasil penelitian yang dilakukan oleh siswa dan
bahkan mahasiswa, ini mereka lakukan untuk mempermudah kepentingan pribadi,
dengan mengabaikan hasil penelitian yang dilakukan.
D.
Solusi
untuk Menanggulangi Dampak Negative dari IPTEK
a. Pendampingan
pendidikan teknologi dengan bimbingan moral yang seimbang, sehingga siswa mampu
memilih penggunaan teknologi yang bermanfaat.
b. Memberikan
pengawasan dari orang tua, sekolah dan pemerintah secara umum, dengan
pembatasan akses situs-situs yang tidak baik atau pemberian sangsi yang tegas.
c. Mendorong
motivasi anak didik ke arah pengembangan IPTEK dengan selalu menempatkan
pendekatan nilai-nilai Islami menjadi sumber acuannya.
d. Menciptakan
jalinan yang kuat antara ajaran agama dan IPTEK, serta hubungan yang akrab
dengan para ilmuwan yang memegang otoritas IPTEK dalam bidang masing-masing.
e. Menanamkan
sikap dan wawasan yang luas terhadap kehidupan masa depan umat manusia melalui
kemampuan menginterpretasikan ajaran agama dari kehidupan manusia.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Ilmu pengetahuan dan teknologi
(iptek) adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia. Ilmu
pengetahuan muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup
manusia,baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi tidak dapat bisa di pisahkan dari lembaga pendidikan.
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah
pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan
dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia.terdapat dampak negatif maupun
positif yang turut mengikuti perkembangan Iptek tersebut.
B. Saran
Dari kesimpulan
diatas maka penulis menyarankan agar kita mampu memilah dan memilih mana yang
baik maupun yang buruk dari perkembangan Iptek itu sendiri untuk digunakan dan
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar pada nantinya dapat menimimalisir
dampak negatif yang mungkin ditimbulkan. Sehingga IPTEK akan menjadi sangat
bermanfaat bagi kita semua tanpa harus mengorbankan salah satu pihak.
DAFTAR PUSTAKA
Dumanita.2012. “Dampak
Positif dan Negatif Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”.http://dumanita.blogspot.com/ (Diakses tanggal 30 november 2013 pukul
19.00)
Prasetiawan.2013.”Pengertian Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi”. http://prasetiawan03.blogspot.com/2013/03/pengertian-iptek.html (Diakses tanggal 29 November 2013 pukul
19.00)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar